Pasal 18

Penjelasan Pasal 18

(1) Transaksi Elektronik yang dituangkan ke dalam Kontrak Elektronik mengikat para pihak.

Maksud dari transaksi elektronik adalah perbuatan hukum yang dilakukan dengan menggunakan komputer, jaringan komputer, dan atau media elektronik lainnya. Sedangkan maksud dari kontrak elektronik adalah perjanjian para pihak yang dibuat melalui Sistem Elektronik. Sehingga maksud dari ayat ini adalah para pihak yang melakukan kontrak elektronik/perjanjian elektronik akan terikat dengan kontrak tersebut, misalkan suatu pihak melakukan pelanggaran terhadap kontrak elektronik yang dibuatnya maka pihak yang melanggar tersebut sah diberi hukuman karena pihak tersebut terikat dengan kontrak elektronik yang dibuatnya itu.

(2) Para pihak memiliki kewenangan untuk memilih hukum yang berlaku bagi Transaksi Elektronik internasional yang dibuatnya.

Maksud dari ayat ini adalah para pihak memiliki hak untuk memilih hukum untuk transaksi elektronik yang dibuatnya, para pihak tersebut tidak dipaksa dengan suatu hukum untuk transaksi elektronik yang dibuatnya.

(3) Jika para pihak tidak melakukan pilihan hukum dalam Transaksi Elektronik internasional, hukum yang berlaku didasarkan pada asas Hukum Perdata Internasional.

Ayat 3 ini adalah untuk menjelaskan ayat sebelumnya yaitu ayat 2. Pada ayat 2 dikatakan bahwa para pihak berwenang untuk memilih hukum yang berlaku bagi transaksi elektronik internasional yang dibuatnya, namun apabila pihak tersebut tidak menggunakan wewenang atau haknya, maka pihak tersebut akan menggunakan hukum yang didasarkan pada asas Hukum Perdata Internasional untuk transaksi elektronik internasional yang dibuatnya.

(4) Para pihak memiliki kewenangan untuk menetapkan forum pengadilan, arbitrase, atau lembaga penyelesaian sengketa alternatif lainnya yang berwenang menangani sengketa yang mungkin timbul dari Transaksi Elkektronik internasional yang dibuatnya.

Maksud dari ayat ini adalah para pihak memiliki hak untuk menetapkan forum pengadilan, arbitrase, atau lembaga penyelesaian sengketa alternatif untuk transaksi elektronik yang dibuatnya, para pihak tersebut tidak dipaksa dengan suatu hukum untuk transaksi elektronik yang dibuatnya.

(5) Jika para pihak tidak  melakukan pilihan forum sebagaimana dimaksud pada ayat (4), penetapan kewenangan pengadilan, arbitrase, atau lembaga penyelesaian sengketa alternatif lainnya yang berwenang menangani sengketa yang mungkin timbul dari transaksi tersebut, didasarkan pada asas Hukum Perdata Internasional.

Ayat 5 ini adalah untuk menjelaskan ayat sebelumnya yaitu ayat 4. Pada ayat 4 dikatakan bahwa para pihak berwenang untuk menetapkan forum pengadilan, arbitrase atau lembaga penyelesaian sengketa alternatif yang berlaku bagi transaksi elektronik internasional yang dibuatnya, namun apabila pihak tersebut tidak menggunakan wewenang atau haknya, maka pihak tersebut akan menggunakan hukum yang didasarkan pada asas Hukum Perdata Internasional untuk transaksi elektronik internasional yang dibuatnya.

Contoh Kasus Pasal 18

Contoh 1 :

Roy Suryo menjadi korban penipuan melalui situs jual beli online OLX. Mulanya, transaksi tersebut terjadi antara Roy Suryo dan seorang pelaku berinisial G (16) pada 20 Agustus 2014. Setelah uang ditransfer, pelaku mengabari Roy Suryo bahwa sepeda yang diinginkan ternyata sudah habis dan pada akhirnya uangnya tidak dikembalikan.

Tersangka dikenakan Pasal 45 Ayat 2, dengan kurungan penjara paling lama enam tahun atau denda paling banyak Rp 1 miliar, juga dikenakan Pasal 51 Ayat 2 KUHP, dengan pidana penjara paling lama 12 tahun atau denda paling banyak Rp 12 miliar.

Contoh 2 :

Di daerah Cakung, Jakarta Timur, terjadi pembunuhan yang berawal karena transaksi jual beli mobil online. Sang calon pembeli berjumlah 3 orang, yang tak lain adalah terduga pembunuh mengajak ketemuan si penjual untuk melihat kondisi mobil. Ketika melakukan test drive, para calon pembeli menyerang si penjual.

Para pelaku dijerat Pasal 365 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana tentang pencurian dengan kekerasan disertai Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dengan ancaman 10 tahun penjara.

Advertisements

One thought on “Pasal 18

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s