Pandangan Terhadap LGBT

1. Pertanyaan :

Buatlah suatu kajian tentang permasalahan yang sedang hangat-hangatnya di negara kita yaitu tentang LGBT, kaitkan dengan agama dan budaya di negara kita.

2. Status :

Tercapai (100%).

3. Keterangan :

Saya sudah menyelesaikan tugas ini.

4. Bukti :

LGBT adalah akronim dari “Lesbian, Gay, Biseksual, dan Transgender”, istilah ini digunakan semenjak tahun 1990-an dan menggantikan frasa “Komunitas Gay”. Berikut adalah penjelasan ringkas dari LGBT:

  • Lesbian : Orientasi seksual seorang perempuan yang hanya mempunyai hasrat sesama perempuan.
  • Gay : Orientasi seksual seorang pria yang hanya mempunyai hasrat sesama pria.
  • Biseksual : Sebuah orientasi sexsual seorang pria/wanita yang menyukai dua jenis kelamin baik pria/wanita.
  • Transgender : Sebuah orientasi seksual seorang pria/wanita dengan mengidentifikasi dirinya menyerupai pria/wanita (misal : waria).

Kaum lesbian, gay, biseksual dan transgender (LGBT) di Indonesia akan menghadapi tantangan hukum dan prasangka yang tidak dialami oleh penduduk non-LGBT. Adat istiadat tradisional kurang menyetujui homoseksualitas dan berlintas-busana, yang berdampak kepada kebijakan publik.

Pentingnya di Indonesia untuk menjaga keselarasan dan tatanan sosial, mengarah kepada penekanan lebih penting atas kewajiban daripada hak pribadi, hal ini berarti bahwa hak asasi manusia beserta hak homoseksual sangat rapuh. Namun, komunitas LGBT di Indonesia telah terus menjadi lebih terlihat dan aktif secara politik.

Indonesia memiliki penganut agama Islam paling banyak di dunia dengan 87% dari warganya menyebut diri sebagai Muslim. Kebijakan keluarga dari pihak berwenang Indonesia, tekanan sosial untuk menikah dan agama berarti bahwa homoseksualitas pada umumnya tidak didukung. Baik Muslim tradisionalis dan modernis, dan juga kelompok agama lainnya seperti Kristen, terutama Katolik Roma umumnya menentang homoseksualitas.

Majelis Ulama Indonesia (MUI) tetap bersikukuh pada pandangan bahwa LGBT merupakan perbuatan menyimpang. Sekjen MUI Anwar Abbas mengatakan dalam perspektif agama, LGBT merupakan perbuatan menyimpang karena secara agama hanya ada dua jenis kelamin yaitu laki-laki dan perempuan. Ia juga menilai LGBT sangat merugikan kehidupan manusia.

Terhadap pelaku LGBT, Allah SWT dan Rasulullah SAW benar-benar melaknat perbuatan tersebut. Al-Imam Abu Abdillah Adz-Dzahabiy -Rahimahullah- dalam Kitabnya “Al-Kabair” [hal.40] telah memasukan homoseks sebagai dosa yang besar dan beliau berkata: “Sungguh Allah telah menyebutkan kepada kita kisah kaum Luth dalam beberapa tempat dalam Al-Qur’an Al-Aziz, Allah telah membinasakan mereka akibat perbuatan keji mereka. Kaum muslimin dan selain mereka dari kalangan pemeluk agama yang ada, bersepakat bahwa homoseks termasuk dosa besar”.

Adapun beberapa upaya pencegahan dalam mengatasi bahaya dan ancaman LGBT di kalangan masyarakat Indonesia , antara lain:

  1. Meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta kesadaran akan bahaya Penyakit Menular Seksual (PMS) yang diakibatkan karena pergaulan bebas.
  2. Menolak adanya legalisasi yang mendukung perilaku menyimpang seksual yang dapat merusak moral generasi muda Indonesia.
  3. Meminta pemerintah dan mengajak organisasi masyarakat untuk mengantisipasi terjadinya penyebaran paham LGBT.
  4. Membuat penyuluhan dan pengobatan bagi mereka yang sudah terlanjur terjangkit penyakit LGBT agar dapat kembali normal menjadi manusia dengan fitrah yang sesungguhnya.

Demikian cermi tentang Pandangan Terhadap LGBT. Semoga Indonesia menjadi Negeri yang Gagah dan mampu mempertahankan nilai-nilai moral yang mampu membendung berbagai paham-paham yang merusak dari luar. Negeri yang berpenduduk mayoritas Muslim ini sudah semestinya mempraktikkan nilai-nilai Islam yang tinggi untuk terciptanya peradaban yang tinggi jauh dari pengaruh negatif seperti paham LGBT ini yang terbukti buruknya sebagai akibat dari paham liberalisasi yang tidak bertanggung jawab di negeri asalnya. Semoga Allah SWT senantiasa menaungi negeri ini dengan rahmat, kasih sayang, cinta serta rida-Nya. Amin.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s