Rangkuman 4

lcewbhw3

Open Shop Operation

Komputer pada masa ini tidak memiliki operating system (sistem operasi). Setiap orang yang ingin memakai komputer harus mendaftarkan jadwal rencana pakai kepada pengelola komputer, sehingga jadwal pemakaian dapat disusun. Pada saat jadwal pakai tiba maka pemakai komputer harus mempersiapkan komputer secara manual (seperti hubungan kabel dan saklar yang perlu diatur dsb)

Operator Driven Shop Operation

Pada jaman ini persiapan terhadap komputer dilakukan oleh operator khusus. Operator melakukan persiapan komputer sesuai dengan kebutuhan calon pemakai yang akan memakai komputer pada jadwalnya.

Off-line Operation

Komputer pada masa ini sudah menggunakan kartu lubang (puch card). Puch card merupakan kartu berlubang. Lubang pada kartu tersebut merupakan data – data setting dari komputer, sehingga persiapan komputer sebelum digunakan oleh pemakai lebih cepat.

Buffer Operation

Di sini alat masukan dilengkapi dengan memory buffer (penampung). Data dari pita magnetik dibaca dan dimasukkan ke dalam memory buffer, dan dari pita kemudian memory buffer data masuk ke olahan komputer. Aliran data dari memory buffer ke olahan komputer jauh lebih cepat daripada aliran data dari pita magnetik ke ke memory buffer. Sehingga pada saat komputer sedang mengolah data pekerjaan pertama dari dalam memory buffer, maka pada saat yang sama pula data pekerjaan kedua dibaca dari pita magnetik ke memory buffer, demikian seterusnya.

Spool Operation

Spool = Simultaneous Peripheral Operation On-Line. (Operasi periferal secara simultan pada saat online). Berarti kerja alat periferal berjalan secara serentak  dan simultan dengan kerja olahan di dalam komputer. Contohnya : pada saat dilakukan pencetakan melalui printer, komputer tetap melakukan pengolahan pekerjaan.

Batch Multiprogramming Operation

Batch multiprogramming operation, sistem operasi dapat melayani lebih dari satu program dalam bentuk tumpukan (batch). Ini berarti sistem operasi komputer harus mengatur penjadwalan prosessor dalam melayani program–program. Selama ini sistem operasi melayani pekerjaan demi pekerjaan, hanya ada satu pekerjaan yang dilayani oleh pengolahan di dalam komputer.

Time Sharing Operation

Hampir sama dengan multiprogramming operation. Perbedaan sistem operasi time sharing operation ini dengan batch multiprogramming operation adalah  pada kecepatan giliran prosessor untuk melayani semua pemakai.

Process adalah task yang telah dijadwalkan untuk di olah prosessor

Task yang belum dijadwalkan belum bisa dibilang proses.

Untuk dapat memproses suatu proses, prosesor melaksanakan sejumlah kegiatan. Kegiatan prosessor ini memanfaatkan register dan bus pada sistem prosessor, serta memanfaatkan instruksi yang terdapat di dalam memory kerja.

Dengan kata lain, setiap proses terdiri atas sejumlah instruksi dengan kegiatan jemput dan kegiatan kerjanya.

giphy

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s